Senin, 27 Januari 2014

Sekilas mengenai Fragrance, Parfum, Biang Parfum, Bibit Parfum dan Salah kaprah yang terlanjur membumi

Pada hakikatnya, Parfum (Perfume) adalah sesuatu yang memiliki aroma. Jadi Parfum itu sendiri bisa berarti 2 hal, yaitu Produk Jadi Parfum Badan dan Bahan Bakunya. Fragrance juga sama halnya dengan Parfum, merupakan sesuatu yang memiliki aroma dan bisa berarti Produk Jadi Parfum Badan maupun Bahan Bakunya.

Di Indonesia, entah dimulai oleh siapa dan kapan mulainya, tercipta nama Bibit Parfum dan Biang Parfum. Bibit/Biang Parfum ditujukan sebagai bahan baku semua parfum dalam konsentrasi aroma yang pekat. Oleh karena sudah mendarah daging, susah untuk mengubahnya dan sekaligus terima kasih telah memudahkan orang untuk membedakan antara produk jadi (parfum, fragrance, minyak wangi) dengan bahan bakunya.

Sekedar penjelasan. Di dunia internasional pun, terjadi banyak kebingungan untuk menyebut Perfume dan Fragrance sebagai produk jadi dan bahan baku. Pada intinya sebenarnya bisa di jelaskan dengan keterangan sebagai berikut :

- Aromatic Compound : inilah sebenarnya yang dimaksud dengan Bibit/Biang Parfum. Yaitu gabungan atau campuran 30 - 150 bahan baku aromatik (aromatic chemical, zat kimia yang memiliki aroma/bau) yang membentuk suatu kesatuan aroma yang unik, khas dan menarik. Inilah yang menjadi bahan pemberi aroma pada berbagai produk jadi seperti Parfum Badan, Shampoo, Sabun, Detergent, Softener, dll. Untuk industrial, sering juga disebut dengan FRAGRANCE atau lebih terperinci Fragrance Oil. Aromatic Compound ini di racik oleh seorang ahli yang dinamakan PERFUMER (seperti halnya chef dalam kulinary). Seorang perfumer biasanya bekerja pada sebuah perusahaan produsen/manufacture fragrance oil yang disebut sebagai Fragrance House.

- Parfum/Fragrance/Perfume : Produk jadi wewangian yang bisa langsung dipakai.

Parfum/Fragrance/Perfume sendiri biasanya memiliki kandungan sebagai berikut :
- Aromatic Compound/Fragrance Oil
- Carrier/Solvent seperti Ethanol/Alkohol, Air
- Active Ingredient seperti Fixative, dll
- Bahan lainnya seperti Preservative, Colour, Stabilizer, Solubilizer, dll




2 komentar:

  1. Ada no yg bisa dihubungi ngk ya?susah cr kontaknya dr td gan..

    BalasHapus
  2. Ada no yg bisa dihubungi ngk ya?susah cr kontaknya dr td gan..

    BalasHapus